19.8.16

BERBAGAI JENIS VALVE DAN CARA KERJA VALVE ( LENGKAP )

Valve atau Katub adalah sebuah alat yang mengatur adanya aliran yang di kendalikan dengan cara membuka, menutup atau sebagian terbuka. Beberapa macam, cara kerja dan Jenis Valve akan kita bahas di Artikel menarik ini. Lengkap dengan dalam berbagai Jenis Bal Valves, Gates Valve, Butterfly Valves, Globe Valves dan Chek Valves.

JENIS-JENIS VALVE DAN CARA KERJANYA


Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sangat akrab dengan Valve ini termasuk Jenis-jenis Valve yang sudah sama-sama kita kenal. Valve atau katub atau biasa kita sebut dengan Kran banyak terpasang dirumah kita seperti Kran Air, Element dalam Closed kamar Mandi, juga pada Tabung Gas Kompor kita.

1. BALL VALVE


Sesuai dengan namanya Ball Valve adalah sebuah Valve pengontrol aliran dengan bentuk Bola/Ball berlobang pada bagian dalamnya yang diputar sesuai dengan besarnya dan arah aliran yang diinginkan.

JENIS VALVE


Bila Lobang pada Bola di dalam Valve segaris lurus dengan Pipa, maka akan ada Aliran atau Flow yang dapat melewati Valve tersebut ( Normaly Open)
Sebaliknya jika Lobang pada Ball Valve mengarah ke sisi lainnya,  berarti kondisi Valve dalam keadaan tertutup ( Normaly Close).

Secara umum Ball Valve ini banyak sekali dipakai di Indonesia karena memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan Valve Type tertentu. Dapat menahan Pressure dan suhu yang tinggi dan mudah dalam perawatannya, termasuk dalam Online Valve Maintenance.

Material Ball Valve sendiri bisa tersedia dengan beberapa macam seperti PVC, Besi atau Stainless Steel. Seperti yang sering kita lihat untuk beberapa kebutuhan di rumah kita. Kran Air juga memakai sistem Ball dalam valve nya.


Ada 2 Type Ball Valve yang yang kita kenal :


A. REDUCED BORE BALL VALVE
Adalah Jenis Ball Valve dengan  Diameter Lobang Bola nya berbeda ukuran dengan Diameter ukuran Pipa nya. Biasanya 1 Ukuran lebih kecil daripada ukuran diameter Pipanya.

B. FULL BORE BALL VALVE
Adalah Ball Valve dengan ukuran diameter Lobang pada Ball di Valve sama dengan diameter Pipanya. Biasanya digunakan pada Pigging Line, Production manifold dan beberapa lokasi lainnya.

2. GLOBE VALVE


Globe Valve adalah jenis Valve yang dapat mengatur besarnya Fluida yang mengalir pada Pipa. Perinsip kerja dalam Operation Globe Valve adalah tegak lurus, hal ini memastikan bahwa aliran atau Flow pada Pipa dapat diatur melalui tuas yang menutup pada ring yang ada dibawahnya.


JENIS JENIS VALVE


Kelebihan dari sistem Tegak Lurus pada Globe Valve ini adalah dapat menutup dengan baik melalui tuas yang menempel pada Lobang. Tuas tersebut digerakkan dengan Thread yang bisa di kendalikan. ( Tampak pada Gambar ).

Ada 2 Jenis Globe Valve yang umum digunakan yaitu :

A. GLOBE VALVE  Z - Body 
Memiliki diagfragma menyerupai huruf Z. Mempunyak bentuk atau design yang simetris sehingga memudahkan pergerakan Tuas penutup bekerja lebih mudah (Tuas tegak Lurus)

B. GLOBE VALVE  Y - Body
Memiliki bentuk atau design dengan posisi Ring dan Tuas penutup membentuk sudut 45''. Biasanya di gunakan untuk Flow dengan tekanan tinggi.

3. GATES VALVE


Dengan sistem Tegak Lurus yang mirip dengan cara kerja Globe Valve, Gates Valve ini menutup atau membuka Flow dengan cara mengangkat dan menurunkan Tuas penutupnya.
Bentuk ujung Tuas dari Gates Valve ini biasanya Bulat atau Persegi panjuang.


JENIS GATE VALVE

Gates Valve ini biasanya digunakan pada Pipa dengan durasi position yang tetap. Misalnya Full Normaly Open atau Full Normaly Close.

Jika Gates Valve ini dibiarkan padakedudukan setengah Open atau Setengah Close, maka dikuatirkan akan menyebabkan kerusakan pada ujung Tuas yang berbentuk lebar ( Bulat atau Persegi panjang). Bisa terjadi Korosi dan pengikisan pada sudut-sudut Gates, atau bisa juga mengganggu Presisi pada Gates tersebut.

Online Service Maintenance pada Gates Valve ini memerlukan Lubricant atau Sealent yang sangat banyak karena harus memenuhi Body Valve yang besar agar kerusakan atau kemampuan Valve dalam menutup bisa di minimalisasi. Kerusakan yang umum pada Gates Valve ini adalah Passing/Jammed atau Bocor. Jadi ketika valve dalam kondisi Fully Close, masih ada Flow yang berjalan.

Keunggulan Gates Valve ini salahsatunya adalah Kuat dan sangat presisi dalam kondisi Fully Closed. Pada Kondisi Fully Open, kemungkinan akan Pressure Drop sangatlah kecil. Jadi akan baik sekali jika Flow pada Pipa Down Stream akan diperbaiki atau Service pada Pipa Down Streamnya.

4. BUTTERFLY VALVES


Valve Butterfly lebih mirip dengan Sistem Kerja Ball Valve. Hanya saja Butterfly Valve ini menggunakan sistem Isolation dengan Gerbang yang besar (lihat Gambar dibawah). Lebih sederhana dan tentunya memiliki harga yang lebih murah.


JENIS VALVE BUTTERFLY


Papan Penutup berbentuk Bulat dengan Poros ditengah ( Seperti Sayap Butterfly ) memungkin Valve Butterfly ini memiliki putaran 90''. Sangat sederhana dan mudah dalam operation nya. Dengan kemungkinan Flow yang besar bisa didapat dari jenis Valve ini, Butterfly Valve akan cocok digunakan pada Flow Cair atau Gas dengan Pressure Rendah dan Volume yang besar.

5. CHECK VALVES


Bentuk terakhir dari Valve ini adalah Chekc Valve dengan ciri khas nya yaitu hanya dapat mengalir Satu Arah saja atau tertutup ( Normaly Close). Jenis valve ini sering kita lihat pada Flow Outlet atau Discharge dari Centrifuge Pump.

JENIS VALVE

Sistem Kerja Check valve ini sangat sederhana yaitu Valve akan terbuka jika ada tekanan atau pressure dari Main Stream. Akan tetapi akan tetap tertutup jika ada Flow dari arah sebaliknya.

Jadi jika Tekanan balik memiliki Pressure yang lebih tinggi, maka Valve akan tetap tertutup. Check valve ini memiliki Lobang Flow yang sama dengan diameter Pipa nya. Fungsi utamanya adalah menahan Reverse Flow agar tidak naik kearah yang tidak diinginkan ( Tekanan balik ).

Beberapa Check valve memiliki bentuk gates atau gerbang yang berbeda. yang sering kita lihat seperti bentuk Swing yang sederhana dan mudah mekanismenya. Material Check valve biasanya dari logam agar memastikan kekuatan menutup dan menjada dari pressure balik yang kuat. Jenis-jenis Check valve akan kita bahas pada artikel selanjutnya di Website ini.

6. SAFETY VALVE


Safety Valve adalah Jenis valve dengan cara kerja secara Otomatis. Biasanya digunakan pada Boiler, Pressure Pump atau sesuatu yang memiliki batas tekanan dan temperatur tertentu. Safety Valve ini akan otomatis terbuka pada pressure dan temperature yang di tetapkan.


JENIS SAFETY VALVE

Pada Proses Kerja Online Valve Maintenance, Safety Valve selalu ada pada Pompa dengan Tekanan tinggi. Dengan adanya element ini maka, Pompa tersebut akan Release pada pressure tertentu yang dianggap sebagai ambang batas keamanan.

Disebut dengan  nama Safety Valve karena ini sebagai element pengingat Safety yang akan bekerja pada tekanan atau Temperature yang dianggap berlebihan.

Seperti terlihat pada Gambar diatas, Safety Valve memiliki sistem Satu Arah yang dibangun dari Spring dan Ball. Fungsi alami Spring ini yang dijadikan sebagai batas kekuatan menahan Pressure hingga tingkat tertentu. Sebuah sistem kerja Spring yang tentunya akan mengalami penurunan presisi dalam jangka waktu tertentu dari yang seharusnya.

KESIMPULAN JENIS -JENIS VALVE


Jenis-jenis Valve lain  yang secara fungsional juga banyak digunakan  sesuai dengan kebutuhan kusus sebagai berikut :
  • PSV    = Pressure Safety valve
  • SDV   = Shutdown valve
  • BDV   = Bleeder Valve
  • ESDV = Emergency Shutdown Valve

Itulah jenis-jenis Valve yang coba kami rangkum dalam artikel kecil ini. Semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan. Jenis - Jenis Valve yang lain mungkin saja masih ada dan akan kita bahas dalam artikel selanjutnya di website ini.

Terimakasih sudah bergabung di Online Valve Maintenance dan Services ini. Jika ada saran, masukan dan kritik dapat di tambahkan di kolom Komentar dibawah tulisan ini. Kami pastikan akmi akan mengunjungi Website anda dengan atau tanpa komentar dari kami.

by : Agusdewi - Online Valve Maintenance Specialist

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon