26.6.16

FUNGSI PRESSURE RELIEF TOOLS PADA SERVICE VALVES

Pressure Relief Tools ( PRT ) adalah sebuah perangkat atau equipments untuk mengetahui besarnya tekanan atau Flow Pressure pada valve melalui Grease Fitting yang menempel pada Body Valves.


PRT TOOLS


PRESSURE RELIEF TOOLS


Fungsi dari Pressure Relief Tools seperti disebut diatas adalah sebagai perangkat pengaman dalam melihat adanya Pressure tersembunyi pada Body valve yang akan kita Maintenance.

DESIGN DAN FUNGSI PRESSURE RELIEF TOOLS


Dengan bentuk seperti gambar diatas, Pressure Relief Tools atau PRT ini langsung dapat di hubungkan ke Grease Fitting yang ada pada Body Valves terkait. Dua buah Hole yang berada pada bagian bawah dan samping memiliki fungsi yang berbeda.

Hole atau lobang di bawah ( lihat Gambar ) berupa Thread yang availbale dengan Thread yang ada pada body Grease Fitting atau Vented Body Grease Fitting.

Sedangkan Lobang yang berada di samping yang juga memiliki Thread Female adalah sebagai Way Out pressure atau tekanan dari dalam Valve yang sedang kita Maintenance. Material yang keluar dari dalam Valve bisa berupa Fluida, Kondensat, Oil atau Gas yang berasal dari Flow di dalam Valves terkait.

Penggunaan Alat ini haruslah dengan berhati-hati dan sepengatuan pihak pemilik Valve tersebut. hal ini untuk menghindari kesalahan -kesalahan yang mungkin timbul karena kita tidak tahu apa yang ada didalan valve tersebut.

MEKANISME KERJA PRESSURE RELIEF TOOLS


Sebelum pekerjaan Online Valve maintenance ini dilakukan, kita perlu tahu kondisi Valve terkait. Entah itu Passing, Jammed atau Stuck seperti yang banyak terjadi. Dalam beberapa kasus, Valve dengan kondisi Normaly Close hampir selalu ada Reserve Pressure dari dalam Valve.

Untuk itu perlu kita chek dengan Pressure Relief Tools ini agar kia dapat menentukan langkah apa yang tepat didalam menangani kerusakan atau maintenance Valves tersebut. Dengan mengetahui kondisi Valve melalui Pressure yang tersimpan ini, akan kita tentukan langkah-langkah yang tepat dalam proses maintenance selanjutnya.

Selalu gunakan pressure Relief Tools ini sebagai acuan kita setiap memulai pekerjaan Online Valve maintenance. Pastikan kondisi Pressure Tools ini dengan baik agar kita bisa mendapatkan hasil yang paling tepat dalam proses identifikasi kondisi Valve tersebut.

MENGGUNAKAN PRESSURE RELIEF TOOLS ( PRT )


Setelah memastikan kondisi perangkat ini dengan baik, kita bisa memulai pekerjaan ini dengan mengkaitkan PRT pada Grease Fitting yang ada pada Body Valves. ( Sebelumnya bukalah dengan hati-hati Cap atau penutup pada Grease Fitting tersebut ).

Buka atau putar PRT dalam kondisi loss/off sebelum kita melakukan koneksi pada Kepala Grease Fitting, lalu pastikan bahwa kedua perangkat tersebut terkait dengan baik dan benar.

Secara perlahan, putar Tuas Handle pada Pressure Relief Tools searah jarum jam / mengencangkan dan perhatikan jika ada Flow atau Fluida yang keluar dari dalamnya. Dengan memutar Tuas Handle pada PRT, maka ujung Tuas di sisi lainnya akan bergerak untuk mendorong Bola pada Sistem Check Valves di Grease Fitting.

Lakukan secara perlahan hingga ada indikasi bahwa Bola didalam Grease Fitting tersebut bergerak dan terbuka sehingga akan ada Flow dari dalam valve yang kita keluarkan melalui Grease Fitting ini. Pastikan hingga benar-benar terbuka sehinga kita dapat membaca besarnya pressure yang mungkin bisa keluar dari dalam Valve.

PRESSURE RELIEF TOOLS SEBAGAI PEKERJAAN PEMBUKA


Jika proses identifikasi dengan perangkat Pressure Relief Tools ini dianggap cukup, kita bisa melepas kembali perangkat ini dengan perlahan dan berhati-hati. Pastikan bahwa seiring dengan memutar tuas PRT, Bola pada sistem Check Valves di Grease Fitting juga mengalami pergerakan ( Menutup ) sejalan dengan terbukanya Tuas secaraperlahan.

Hingga pada akhirnya Pressure Relief Tools ini boleh dilepas dan kondisi Grease Fitting tetap dalam keadaan tertutup kembali. Setelah proses ini selesai, data yang kita dapatkan dari proses ini bisa kita jadikan acuan untuk Proses Service valve atau Online Valve Maintenance selanjutnya.

Catatan kami disini adalah sering terjadi kendala pada Grease Fitting yang sudah usang. Biasanya Bola pada sistem Check Valves di dalam Grease Fitting ini mengalami banyak korosi atau kotor sehingga setelah Tuas PRT dibuka, kondisi Bola tidak dapat menutup dengan sempurna.

Perlu pergantian Grease Fitting agar pekerjaan Greasing dan service Valve dapat berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Hal ini sangat berpengaruh mengingat proses Greasing dan Service Valve ini sangat mengandalkan Grease Fitting sebagai pintu utama masuknya semua chemical dari luar kedalam valves.

KESIMPULAN PRESSURE RELIEF TOOLS ( PRT )


Meskipun bukan perangkat utama, akan tetapi perlu kita memiliki Equipments Pressure Relief Tools ini dalam Kotak peralatan kita. Bukan yang utama tetapi haruslah kita jadikan salahsatu Standart operating Kerja kita agar kita bisa bekerja dengan baik dan memenuhi kriteria Safety yang diinginkan.


Equipment dan perangkat kerja lainnya akan kita bahas lagi padaArtikel lain di website ini. Semua saran, sumbangsih, pertanyaan dan kritik dapat disampaikan di kolom komentar dibawah tulisan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Selamat mencoba dan menggunakan pressure Relief Tools ini dengan baik dan benar demi kelancaran Pekerjaan greasing atau Maintenance Online pada Valve kita.

Agusdewi HM - Online Valves Maintenance Specialist

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon